Sabtu, 26 Oktober 2013


Install Windows 7/8 dari komputer lain, bagi yg tidak bisa boot USB & DVD



[postlink]https://emuridge90.blogspot.com/2013/10/cara-install-ulang-atau-upgrade-os.html[/postlink]
IDengan cara ini ente bisa menginstall windows 7 atau 8 dikomputer yg tidak bisa melakukan booting dari DVD-ROM, USB dan tidak bisa boot ke Windows yg lama (entah karena rusak parah atau pun jika belum ada sama sekali windows yg terinstall).

Dan cara ini bukanlah sejenis Image Restore ala Norton Ghost atau program sejenis. cara ini murni proses instalasi Windows baru.
 bukan memanaskan masakan kemarin, tapi memasak masakan yg baru 

Cara ini bisa dilakukan dengan melepas Harddisk komputer yg mau diinstall windows dan di pasang ke komputer windows lain. proses awal instalasi akan dikerjakan di komputer lain. selanjutnya harddisk akan dipasang kembali ke komputer yg akan diinstall windowsnya dan tahap penyelesaian instalasi akan berlanjut.
Spoilerfor teori-singkat:
Dalam proses penginstallan windows secara normal, secara garis besar ada 4 tahapan :

1. Meng-copy data yg diperlukan untuk menginstall windows dari DVD installer ke harddisk.

2. Memekarkan (un-compress) seluruh file installan yg ada di harddisk.

3. Setelah semua file siap, installer akan membuat partisi windows yg mau diinstall agar bisa booting, mengarahkan sebagai default boot, lalu melakukan restart.

4. Proses penginstallan windows akan berlanjut, windows akan melakukan konfigurasi awal system sesuai jenis hardware dan tipe komputer yg ada. jika sudah, installer akan mengatur ulang boot entry.

Selesai.

Nah, inti dari cara ini adalah, melakukan poin 1-3 pada komputer lain, sedangkan poin terakhir (4) akan dilakukan dikomputer aslinya.

::
 Lanjut ke prakteknya >>>

[1]
 bahan yg diperlukan :

#
 DVD/Media installer windows

Bahan utama yg diperlukan dari isi DVD installernya adalah
 install.wim yg terletak di foldersources, bootsect.exe yg terletak di folder boot, dan bcdboot.exe yg... akan muncul pada waktunya, tenang saja, gak usah dipikirin yg terakhir  .

#
 imagex.exe (Windows AIK) / SmartWim

Program yg berfungsi melakukan berbagai operasi terhadap file WIM yg kita butuhkan untuk memproses file install.wim . file berjenis WIM adalah sejenis file Disk Image. yg ane maksud image itu bukan berarti gambar ya,.. kalau file image sebuah CD adalah ISO, maka WIM adalah file image sebuah Harddisk. jika Acronis True Image mempunyai TIB, Norton Ghost mempunyai GHO/GHS, Paragon mempunyai PBF, maka Microsoft mempunyai WIM.
Spoilerfor Download:
Hanya sedikit pilihan program yg bisa menangani file wim, dalam tulisan ini ane menggunakan 2 diantranya :

imagex.exe, adalah program buatan sang empunya sendiri (Microsoft). sudah dipastikan tidak perlu diragukan lagi. tapi imagex sebenarnya berasal dari paket aplikasi buatan Microsoft lain, yaitu
 WAIK (windows automatic installation kit). dari namanya udah jelas, sebuah aplikasi yg berguna untuk mengutak-atik media installan windows (menambah-mengurangi driver/fitur), membuat sejenis Live windows, dan lain sebagainya. biasanya para produsen PC/Laptop yg menggunakan WAIK ini untuk menambah software tertentu kedalam installan windows mereka, atau jg sesorang yg ingin membuat sebuah Live windows ala Hiren boot cd.

http://www.microsoft.com/en-us/downl...s.aspx?id=5753

masalahnya cuma satu... Microsoft melarang distribusi langsung file imagex. artinya, untuk mendapatkan imagex, ente harus mendapatkan dari WAIK yg bisa didownload secara gratis di situs Microsoft sebesar 1,7 GB. dengankata lain, untuk mendapatkan file sebesar kurang dari 500 KB, ente harus mendownload file yg hampir 2 GB. bagi yg keberatan dengan hal ini, alternatifnya adalah SmartWIM.

SmartWim
 merupakan program buatan pihak ketiga. fungsinya hampir sama persis dengan imagex, bahkan syntax-nya pun sengaja dibuat sama. ada beberapa penambahan fungsi pada SmartWim dibanding imagex. selain itu SmartWim jg bisa digunakan secara gratis untuk perorangan (free for personal use) dan hanya berukuran beberapa MB.

http://smartdeploy.com/products/smartwim

[2]
 Lepas Harddisk komputer yg mau diinstall windowsnya dan pasang ke komputer windows lain. hidupkan komputernya dan format harddisk yg mau diinstall (quick format jg bisa).

[3]
 Masukkan DVD install windowsnya. tutup jendela aplikasi Autorun jika muncul.

[4]
 Jika menggunakan SmartWim, install dan jalankan dari menu Start (Prowess -- SmartDeploy Imaging Component). Jika menggunakan imagex, buka cmd dan arahkan ke folder tempat file exeimagex.

[5]
 Ketik perintah berikut (perhatikan spasi) :
Code:
smartwim /aplly A:\sources\install.wim B:

Quote:ganti :

A dengan drive letter DVD installer windowsnya
B dengan drive letter partisi harddisk yg mau diinstall
smartwim dengan imagex jika menggunakan imagex




tunggu hingga semua file instalasi selesai di copy ke harddisk, lamanya tergantung kondisi komputer yg digunakan.

[6]
 Langkah selanjutnya adalah membuat harddisk yg telah berisi file instalasi awal tadi bisa booting secara mandiri. Masih dari cmd, arahkan (pindah) ke folder boot yg ada di DVD installer windowsnya. dan ketik perintah 2 ini :
Code:
bootsect /nt60 B: /mbr

Code:
B:\windows\system32\bcdboot.exe B:\windows /s B:

**
 jika windows yg ente gunakan dikomputer lain ini sama dengan windows yg akan diinstall (versi bit-nya), perintah bisa dipersingkat :
Code:
bcdboot B:\windows /s B:


Quote:ganti B dengan drive letter partisi harddisk yg mau diinstall


[7]
 Langkah terakhir adalah membuat partisi harddisk tadi sebagai Active Partition. bisa menggunakan program partition editor mana saja atau bisa jg program bawaan windows (Disk Management). caranya :

*
 buka Control Panel - System and Security - Administrative Tools - Computer Management
*
 pilih Disk Management
*
 klik kanan partisi tempat windows yg baru saja diinstall, lalu pilih Mark Partition as Active



Selesai, silahkan pasang kembali harddisk ke komputer asal dan hidupkan (atur ulang first boot device di
 BIOS jika diperlukan). secara otomatis proses instalasi akan berlangsung pada tahap penyelesaian hingga sampai ke Desktop.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Bottom 1

Bottom 2

Bottom 3